Pages

Wednesday, March 9, 2016

Strategi Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Secara umum, perusahaan menerapkan strategi bisnis dengan menggunakan kombinasi ofensif strategis dan strategi defensif. Strategi ofensif itu sendiri dimaksudkan untuk mendapatkan atau memperoleh pelanggan baru.


Dengan strategi ini perusahaan berharap dapat meningkatkan pangsa pasar, penjualan dan jumlah pelanggan.Sementara strategi defensif ini digunakan untuk mengurangi pelanggan keluar dan beralihnya pelanggan untuk menggunakan produk-produk lain. Strategi ini bertujuan untuk meminimalkan turnover pelanggan dan memaksimalkan retensi pelanggan dengan melindungi produk dan pasar (pelanggan) dari pesaing perusahaa.


Dalam penilitian bahwa banyak memiliki strategi pangsa pasar hbungan sangat eret dengan kepuasan pelanggan. Keduanya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, tetapi ada perbeddaan antara mereka. Di mana jangkauan dan meningkatkan pangsa pasar mereka sendiri adalah strategi ofensif. Sdangkan untuk kepuasan pelanggan dan membangun rintangan pengalihan merupaka strategi defensif. Berikut perbadaan baik bila disajikan dalam tabelshare aspek Pelanggan pasar kepuasan


Penggunaan Digunakan di pasar dengan pertumbuhan yang rendah atau telah mengalami kejenuhan Digunakan di pasar yang pertumbuhannya tingkat rendah atau telah jenuhKetik strategi defensif SeranganKompetisi konvergensi titik PelangganMengukur pangsa pasar keberhasilan relatif terhadap tingkat retensi pelanggan kompetisiTransfer tujuan perilaku kesetian pembeli pembeliAdapun strategi defensif menjdi dibagi menjadi dua, yaitu hambatan pengalihan (switching hambatan) dan kepuasan pelanggan. Berikut adalah penjelasan dari dua bagian:


1. Transfer Strategi Hambatan Formasi

Dalam staretegi ini perusahaan rintangn harus menetapkan pengalihan, sehingga ketika pelanggan akan beralih pemasok merasa kehilangan, Mersa enggan, atau akan menghabiskan biaya yang lebih besar daripada jika kita memasok. rintangan pengalihan ini dapat mencakup biaya pencarian, biaya transaksi, pbelajar atau pemahaman, buah untuk pelanggan, dan upaya kognitif.Bisa juga menjadi latihan mahal, selain karyawan, biaya modal untuk perubahan dan biaya tambahan yang dibutuhkan untuk melengkapi perelatan baru. Kesemuannya dicapai jika perusahaan dapat membuat dan menjalain hubungan yang harmonis, intim dan saling menguntungkan dan pelanggannnya anatara perusahaan.


Strategi Kepuasan


2. PelangganStrategi ini akan membuat perusahaan pesaing harus bekerja keras dan menghabiskan lebih banyak untuk merebut pelanggan perusahaan suatau.


Hal yang perlu diperhatikan bahwa kepuasan pelanggan adalah strategi dalam jangka panjang yang membutuhkan komitmen, baik dari segi sumber daya atau DAA mausianya. Strategi yang dapat dipaduan untuk mencapai dan meningkatkan kepuasan pelanggan.Sebuah. Beruap strategi pemasaran Relationship Marketing, strategi yaiu transaksi valuta diamana antara penjual dan pembeli yang berkelanjutan, tidak berakhir akun setelah transaksi atau penjualan selesai.


Denagan kata lain, yang terjadi kemuitraan dengan konsumen terus menerus menghasilkan loyalitas atau kesetiaan pelanggan bisnis yang berulang sehingga menimbulakan.Namun, ada peluru diperhatiakan bahwa kepuasan pelanggan berdampak terhadap loyalitas dan ulangi pembelian dari pelanggan yang berbeda-beda untu setiap perusahaan. pelanggan setia tidak selalu merasakan kepuasan, tapi bukannya pelanggan yang puas cenderung memiliki loyalitas terhadap suatu produk.


Sebagai salah satu varian dari hubungan ini adalah Pemasaran Frekuensi, yang seuatu minggu untuk mempertahankan bisnis, meningkatkan HSIL pelanggan terbaik, dengan cara menjalain hubungan jangka panjang dan layanan nilai tambah interaktif.


b. layanan cutomer strategi yang unggul, strategi yang menawarkan para penculik yang lebih baik daripada perusahaan pesaing.


Dalam hal ini memebutuhkan dana yang cukup besar, kapasitas sumber daya manusia, dan usaha besar dalam rangka menciptakan pelayan superiorNamun seringkali perusahaan menawarkan lebih baik srvice cutomer akan memberikan harga yang lebih tinggi pada produk. Namun perusahaa akan memperoleh manfaat yang cukup besar dari seorang hamba yang lebih baik, dalam bentuk tingkat perusahaan laba yang cepat dan substansial.


c. Guarentees strategi uncondinental, di stretagi perusahaan memeberikan berkomitmen untuk kepuasan pelanggan yang nati akan sumebr dinamisme atau peningkatan JSA kualitas produk dan kinerja perusahaan. Dan ini juga dapat memotivasi karyawan untuk meningkatkan tingkat kinerja mereka daripada sebelumnya.


d. Efisien keluhan penanganan strategi. Dalam hal ini penangana keluhan terhadap pelanggan yang tidak puas akan membagikan kemungkinan pelanggan tersebut menjadi tidak puas dengan produk perusahaan dan dapat bahakan pelanggan menjdi yang loyal kepada perusahaan.


Keterlibatan manajemen puncak dalam menangani atau menanggapi keluhan juga dapat memberrikan dampak positif.pelanggan lebih senang kesepakatan disebakan dengan orwang yang mempunyai wewenang atau kekuasaan untuk membuat keputusan dan pemacahan masalah mereka. Dan juga pelanggan merasa bahwa perusahaan memperhatikan keluhan meraka dan bersedia untuk meningkatkan kekurangannya.


e. Strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dalam hal ini mencakup berbagai upaya seperti pemantauan malakukan dan mengukur kepuasan pelanggan secara terus menerus, pelatihan memeberikan manajemen dan karyawan dari hubungan masyarakat dan keahlian menjual.


f. Menerapkan Quality Function Deployment (QFD), adalah praktik untuk membuata proses sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan.

No comments:

Post a Comment