Pages

Wednesday, March 9, 2016

Strategi Cakupan Pasar

Dalam strategi kelompok yang terkait dengan ruang lingkup atau cangkupan dari pasar yang dapat dilayani. Dalam cakupan pasar stretegi, ada tiga strategi, termasuk strategi tunggal pasar, strategi multi-pasar, dan strategi pasar secara keseluruhan. Dan masing-masing Pengembangan strategi setiap jenis akan dijelaskan di bagian berikut.


1.Strategi Pasar Tunggal

Perusahaan yang bergerak di pasar tunggal tertentu harus memiliki berbagai alasan yang mendasari mengapa mereka harus memindahkan pasar tunggal tertentu. katakanlah perusahaan memiliki keterbatasan dan dan sumber daya, segmen pasar potensial, da ingin mencapai posisi pasar yang kuat di segman disajikan.


Seperti untuk dapat menghindari persaingan langsung dari perusahaan besar, perusahaan kecil untuk lebih berkonsentrasi pada segmen pasar tertentu agar dapat berkonsentrasi pada layanan pelanggan, biasanya perusahaan kecil akan memilih niche pasar yang unik. pasar yang dipilih biasanya dapat diabaikan pasar Yag Segen tau [un segmen terlayani atau kurang menarik (untuk perusahaan besar biasanya mempertimbangkan segmen ini terlalu kecil).


Tujuan utama dari strategi ini adalah untuk mencari pasar segman yang masih diabaikan atau terlayani, maka perusahaan akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang ada di segmen ini. dewa sehingga hasil yang akan dicapai biaya rendah dan pendapatan (keuntungan) yag besar.


Jika strategi ini berhasil, perusahaan yang bergerak dalam strategi ini akan memiliki reputasi sendiri di segmen pasar ini, yang ia berlari, tetapi juga mengandung risiko srategi baik. Risiko ini ketika ada perubahan dalam bentuk lingkungan, terutama dalam hal perubahan selera pasar.


Dalam hal perubahan selera pasar, maka akan mengakibatkan pengurangan secara keseluruhan dalam penghasilan badan penhaslisan goncang. Sealin ketika segmen pasar adalah membawa keuntungan besar begitu banyak kemungkinan untuk pesaig juga kana ikut terjun di segmen pasar. Mengingat bahwa banyak dari para pesaing ini kana mengakibatkan profitabilitas perusahaan akan menurun.


Untuk menggunakan strategi ni sebagai untuk persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk:

1. Melayani sagmen pasar dengan sngguh serius, walaupu ada kesulitan. Karena keuntungan perusahaan hanya ditemukan di segmen ini.

2. persaingan Hindari dengan perusahaan yang memiliki mepan, karena mereka sudah memiliki banyak pelanggan yang tetap dan produk mereka telah diakui oleh segmen pasar.
2.Strategi Multi-Market

Berbeda dengan strategi psasar tunggal hanya fokus melayani segmen pasar sendiri, dalam strategi ini perusahaan akan melayani beberapa segmen pasar sekaligus. Adapun upaya yang dilakukan dapt dapat:


1. Menjual produk yang berbeda dan segmen pasar menjualanya di belainan pula.

2. Mendistribusikan produk yang sama untuk sejumlah segmen pasar berlainanan.

Dalam strategi ini mengandung tujuan untuk diversifikasi dan mengurangi risiko, sehingga perusahaan tidak hanya tergantung oleh satu segmen pasar saja. Dengan begitu jika guncangan atau penurunan untuk segmen pasar, maka ini tidak mempengaruhi perusahaan. Kondisi untuk menerapkan strategi di i adalah:


1. Memilih dan mempertimangkan hati-hati dan dengan segmen pasar hati-hati dilayaninya.

2. Hindari konfrontasi dengan perusahaan yang melayani setiap segmen pasar.

Dengan menggunakan strategi ini diharapkan perusahaan akan mencapai peningkatan penjualan dan pangsa pasar. Hasil ini akan mudah tercapai, jika setiap produk yang dijual dan segmen pasar dilyania memberikan sinergi yang sangat positif.
3. Strategi Pasar Keseluruhan

Strategi ini dilakukan dengan meyani setiap spektrum pasar dengan menjual produk yang teriferensiasi segmen pasar yang berbeda. Misalkan sebuah perusahaan tekstil akan menawarkan pakaian untuk semua segmen pasar dalam bentuk semua kelompok usia dan kedua jenis kelamin.


Dalam strategi ini perusahaan memiliki tujuan untuk menyaingi semua produk yang ada di pasar. Perusahaan-perusahaan yang menerapkan ii strategi bahwa perusahaan-perusahaan yang sudah mapan dan dominan. Dalam strategi ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:


1. Perusahaan harus melakukan kombinsai proporsional tergantung terhdap aspek harga, produk, promosi, dan strategi distrubusi pada segmen yang berbeda.

2. Manajemen puncak hendakya memiliki komitmen yang kuat untuk mencari untuk menjaring dan juga melayani semua pasar.

3. Perusahaan harus memiliki keuagan posisi yang sangat kuat. Ini benar-benar tidak mungkin karena perusahaan akan melayani semua segmen pasar tanpa dukungan finansial yang kuat.


Hasilnya dapat diacapai dengan strategi ini adalah bahwa ada pertumbuhan dan pangsa pasar diperluas. Strategi ini hanya beberapa yang berani menerapkannya, termasuk IBM (mainframe komputer dan komputer pribadi), Cola-Cola (terlibat dalam minuman dengan berbagai rasa, seperti Cola-Cola, Sprite, Tab, Fresca, Fanta, Menit pembantu, dan Diet cuke) dan General Motors (produknya adalah Chevrolet, Pontiac, Oldsmobile, Buick, Cadillac, dan truk kecil).

No comments:

Post a Comment